“ITNY KOMPETEN” Membahas Kebutuhan SDM Industri Yang Terampil Dan Kompeten di Era Revolusi Industri 4.0

18-07-20 adminlsp 0 comment

“ITNY KOMPETEN” Membahas Kebutuhan SDM Industri Yang Terampil Dan Kompeten di Era Revolusi Industri 4.0

LSP ITNY pada hari Sabtu, 18 Juli 2020 telah mengadakan webinar dengan topik Kebutuhan SDM Industri Yang Terampil Dan Kompeten di Era Revolusi Industri 4.0. untuk mendapatkan update terkini tentang kebutuhan SDM di dunia Industri dengan 3 narasumber yakni Ibu Diah Suwarti W, S.T., M.Eng. yang menjabat kepala LSP ITNY, Bapak Tugino, S.T., M.T. sebagai Dekan Fakultas Vokasi ITNY dan Bapak Suharnoko Harbani salah satu alumni STTNAS/ITNY yang menjabat sebagai Factory Integration Head di PT. Infineon Company Batam yakni perusahaan yang bergerak pada global leading semiconductor player yang masuk top ten global company. Kegiatan webinar ini diikuti oleh 86 peserta yang berasal baik dari mahasiswa, akademisi, praktisi, dan pemerintahan.
Webinar ini memberikan update informasi terkait kebutuhan SDM industri yang terampil dan kompeten dan hubungan antara dunia pendidikan, kebutuhan SDM dari industri dan peran dari LSP dalam memenuhi kebutuhan SDM industri yang terampil dan kompeten. Karena yang seperti diketahui bahwa kebutuhan SDM didunia industri sering tidak sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan sehingga hal ini memerlukan suatu solusi agar kebutuhan SDM industri dapat terpenuhi dengan SDM yang kompeten. Dalam penyampaiannya materi terkait peran LSP dalam sertifikasi kompentensi, Ibu Diah Suwarti memberikan gambaran bahwa LSP memberikan peran terkait pembuktian kompetensi dari proses latihan, praktek telah dilakukan di dunia pendidikan/pelatihan. Menurut Bapak Tugino dalam penjelasan materinya bahwa perkembangan jaman menuntut kesiapan lulusan memenuhi kebutuhan SDM industri melalui pengembangan kurikulum, teknik pembelajaran (praktik, magang, kompetisi, dll), agar menjadikan lulusan terampil yang diperlukannya pembuktian melalui sertifikat kompetensi. Sedangkan, dari dunia industri kebutuhan tenaga kerja yang kompeten itu harus memiliki soft skill dan hard skill yang banyak didapat saat menempuh pendidikan atau pelatihan.
Menutup acara, dapat disimpulkan bahwa sinkronisasi antara dunia pendidikan dan dunia industri dan diperlukannya pembuktian kompetensi melalui sertifikasi kompetensi di LSP dapat menjadi solusi terhadap ketidaksesuaian antara kebutuhan SDM dunia industri dengan SDM yang tersedia.



Leave a reply